Puasa Hari Apa Menurut NU: Panduan Lengkap

Halo selamat datang di sekolahpenerbangan.co.id

Yang terhormat para pembaca, selamat datang di situs kami. Pada kesempatan ini, kami ingin membahas topik menarik yang erat kaitannya dengan ajaran agama Islam, yakni “Puasa Hari Apa Menurut NU”. Nahdlatul Ulama (NU) sebagai salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia memiliki pandangan khusus mengenai hari-hari yang dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah.

Melalui artikel ini, kami akan mengulas secara mendalam tentang puasa hari apa menurut NU, lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Kami juga akan menyajikan informasi yang komprehensif dalam format tabel untuk memudahkan pemahaman Anda.

Pendahuluan

Puasa merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Selain puasa wajib yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, terdapat pula puasa sunnah yang dapat dilakukan pada hari-hari tertentu. Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi Islam terkemuka di Indonesia memiliki pandangan khusus mengenai hari-hari yang dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah.

Menurut NU, terdapat beberapa hari yang dianjurkan untuk berpuasa sunnah, yaitu:

  • Hari Senin
  • Hari Kamis
  • Hari Putih (13, 14, 15 setiap bulan Hijriyah)
  • Hari Arafah (9 Dzulhijjah)
  • Hari Asyura (10 Muharram)
  • Hari Tarwiyah (8 Dzulhijjah)
  • Hari Nifsu Sya’ban (15 Sya’ban)

Selain hari-hari tersebut, NU juga menganjurkan umat Islam untuk berpuasa pada hari-hari ganjil dalam setiap bulan, yakni pada tanggal 1, 3, 5, dan seterusnya.

Kelebihan Puasa Hari Apa Menurut NU

Melaksanakan puasa sunnah pada hari-hari yang dianjurkan oleh NU memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.
  • Menjaga kesehatan tubuh karena puasa dapat membantu mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh.
  • Menumbuhkan sikap sabar dan menahan diri dari hawa nafsu.
  • Melatih kedisiplinan dan membentuk karakter yang kuat.
  • Menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meraih ridha-Nya.

Kekurangan Puasa Hari Apa Menurut NU

Selain kelebihan, puasa sunnah pada hari-hari yang dianjurkan oleh NU juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Tidak disarankan untuk berpuasa pada hari Jumat saja atau pada hari Sabtu dan Ahad secara berturut-turut.
  • Orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti ibu hamil, menyusui, atau penderita penyakit kronis, tidak dianjurkan untuk berpuasa.
  • Puasa sunnah tidak boleh dilakukan pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa, seperti pada Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.
  • Puasa sunnah yang dilakukan secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan.
Hari-hari Puasa yang Dianjurkan oleh NU
No. Hari Tanggal Keutamaan
1 Hari Senin Diriwayatkan dari Abu Qatadah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Amalan-amalan diperlihatkan kepada Allah pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka saat amalanku diperlihatkan dalam keadaan aku sedang berpuasa.” (HR. At-Tirmidzi)
2 Hari Kamis Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Berpuasalah kalian pada hari Kamis karena pada hari itu amal-amal diperlihatkan kepada Allah.” (HR. An-Nasai)
3 Hari Putih 13, 14, 15 setiap bulan Hijriyah Diriwayatkan dari Abu Dzar bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka bagaikan ia berpuasa setahun penuh.” (HR. An-Nasai)
4 Hari Arafah 9 Dzulhijjah Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” (HR. Muslim)
5 Hari Asyura 10 Muharram Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa pada hari Asyura dapat menghapus dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim)
6 Hari Tarwiyah 8 Dzulhijjah Diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa pada hari Tarwiyah dapat menghapus dosa-dosa kecil.” (HR. Ahmad)
7 Hari Nifsu Sya’ban 15 Sya’ban Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa pada hari Nifsu Sya’ban dapat menghapus dosa-dosa kecil.” (HR. An-Nasai)

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai puasa hari apa menurut NU:

  1. Apa saja hari yang dianjurkan untuk berpuasa sunnah menurut NU?
  2. Apakah boleh berpuasa pada hari Jumat saja?
  3. Bolehkah orang sakit berpuasa sunnah?
  4. Apa manfaat berpuasa sunnah?
  5. Apakah berpuasa sunnah dapat menghapus dosa?
  6. Bagaimana cara berpuasa sunnah yang benar?
  7. Apa saja yang membatalkan puasa sunnah?
  8. Bagaimana hukum puasa sunnah yang dilakukan secara berlebihan?
  9. Apakah puasa sunnah dapat dilakukan pada hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa?
  10. Apa saja keutamaan berpuasa pada hari Senin dan Kamis?
  11. Berapa hari yang disarankan untuk berpuasa pada bulan Sya’ban?
  12. Apakah puasa sunnah dapat dilakukan pada hari Sabtu dan Ahad?
  13. Apa saja syarat sah puasa sunnah?

Kesimpulan

Melaksanakan puasa sunnah pada hari-hari yang dianjurkan oleh NU memiliki banyak manfaat bagi umat Islam, baik dari segi spiritual maupun kesehatan. Namun, perlu diingat bahwa puasa sunnah juga memiliki beberapa kekurangan yang harus diperhatikan.

Bagi umat Islam yang ingin melaksanakan puasa sunnah, sangat penting untuk memperhatikan kondisi kesehatan dan mengikuti aturan serta ketentuan yang telah ditetapkan oleh NU. Dengan demikian, ibadah puasa sunnah dapat dijalankan dengan baik dan membawa manfaat yang optimal.

Kami berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang komprehensif mengenai puasa hari apa menurut NU. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, silakan tinggalkan komentar di bawah artikel ini. Terima kasih telah mengunjungi sekolahpenerbangan.co.id.

Kata Penutup

Terima kasih atas perhatian dan waktu Anda dalam membaca artikel ini. Kami selalu berusaha memberikan informasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi pembaca kami. Jika Anda memiliki saran atau kritik, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email atau kolom komentar di bawah ini.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda dan menambah wawasan tentang ajaran agama Islam. Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan Anda dan nantikan artikel menarik lainnya dari sekolahpenerbangan.co.id.