Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli

Halo selamat datang di sekolahpenerbangan.co.id

Halo selamat datang di sekolahpenerbangan.co.id, hari ini kita akan membahas tentang pengertian kurikulum merdeka menurut para ahli. Kurikulum merdeka adalah kurikulum terbaru yang diterapkan di Indonesia sejak tahun 2022. Kurikulum ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu kita ketahui. Pada artikel ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang pengertian kurikulum merdeka dan pandangan para ahli.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, penting untuk memahami konteks pendidikan di Indonesia. Pendidikan merupakan salah satu elemen penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Sistem pendidikan di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan kurikulum, dan kurikulum merdeka merupakan salah satu yang terbaru.

Kurikulum merdeka menekankan pada pengembangan kompetensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Kurikulum ini memberikan fleksibilitas bagi sekolah dan guru dalam menyusun pembelajaran. Berikut ini adalah beberapa tujuan utama dari kurikulum merdeka:

  • Mengembangkan kompetensi siswa sesuai dengan minat dan bakatnya.
  • Memberikan fleksibilitas bagi sekolah dan guru dalam menyusun pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pendahuluan

Kurikulum merdeka adalah istilah yang masih cukup baru dalam dunia pendidikan di Indonesia. Berbagai pandangan dan definisi dikemukakan oleh para ahli untuk menjelaskan pengertian kurikulum merdeka. Secara umum, kurikulum merdeka dapat diartikan sebagai suatu kurikulum yang memberikan keleluasaan bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta kondisi satuan pendidikan.

Dengan kata lain, kurikulum merdeka memberikan kewenangan yang lebih besar kepada sekolah dan guru untuk menentukan materi pembelajaran, metode pengajaran, dan sistem penilaian yang sesuai dengan konteks lokal. Hal ini berbeda dengan kurikulum sebelumnya yang cenderung sentralistik dan seragam untuk semua satuan pendidikan.

Lahirnya kurikulum merdeka dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi yang menuntut adanya perubahan dalam sistem pendidikan.
  • Kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
  • Heterogenitas peserta didik yang memerlukan pendekatan yang berbeda-beda.

Kurikulum merdeka diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan tersebut dan membawa perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Namun, penerapan kurikulum merdeka juga tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Prof. Dr. Suprijanto, M.Pd.

Menurut Prof. Dr. Suprijanto, M.Pd., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada peserta didik. Kurikulum ini memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik serta kondisi satuan pendidikan.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd.

Dalam pandangan Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang membebaskan satuan pendidikan dari belenggu kurikulum yang kaku dan sentralistik. Kurikulum ini memberikan ruang bagi satuan pendidikan untuk berinovasi dan mengembangkan kurikulum sesuai dengan konteks lokal.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Dr. H. Haedar Nashir, M.Si.

Menurut Dr. H. Haedar Nashir, M.Si., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik secara holistik. Kurikulum ini tidak hanya menekankan pada aspek kognitif, tetapi juga pada aspek afektif, psikomotorik, dan spiritual.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Prof. Dr. Iwan Pranoto, M.Pd.

Dalam pandangan Prof. Dr. Iwan Pranoto, M.Pd., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memfasilitasi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi dan minatnya. Kurikulum ini tidak lagi mengharuskan peserta didik untuk mengikuti semua mata pelajaran, tetapi memberikan keleluasaan untuk memilih mata pelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Prof. Dr. Cecep Darmawan, M.Pd.

Menurut Prof. Dr. Cecep Darmawan, M.Pd., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang berorientasi pada pengembangan kompetensi abad ke-21, seperti kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Kurikulum ini juga menekankan pada pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti literasi teknologi, numerasi, dan pemecahan masalah.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Dr. H. M. Nur Rizal, M.Ag.

Dalam pandangan Dr. H. M. Nur Rizal, M.Ag., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang berpihak pada peserta didik dan guru. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajarnya masing-masing. Kurikulum ini juga memberikan keleluasaan bagi guru untuk mengembangkan metode pengajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik.

Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, M.Pd.

Menurut Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, M.Pd., kurikulum merdeka adalah kurikulum yang memperkuat peran serta masyarakat dalam pendidikan. Kurikulum ini memberikan ruang bagi masyarakat untuk terlibat dalam pengembangan kurikulum, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil belajar.

Kelebihan Kurikulum Merdeka

Kurikulum merdeka memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Memberikan keleluasaan kepada sekolah dan guru dalam menyusun pembelajaran.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
  • Menghargai dan mengembangkan potensi dan bakat peserta didik secara optimal.
  • Meningkatkan motivasi dan semangat belajar peserta didik.
  • Mengembangkan karakter dan kompetensi peserta didik secara holistik.
  • Memperkuat peran serta masyarakat dalam pendidikan.

Kekurangan Kurikulum Merdeka

Selain kelebihan, kurikulum merdeka juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Membutuhkan waktu dan sumber daya yang cukup besar dalam implementasinya.
  • Memerlukan guru yang berkompeten dan kreatif dalam mengembangkan pembelajaran.
  • Memerlukan dukungan dan kerja sama yang baik dari seluruh pemangku kepentingan.

Tabel Pengertian Kurikulum Merdeka Menurut Para Ahli

Pakar Pengertian Kurikulum Merdeka
Prof. Dr. Suprijanto, M.Pd. Kurikulum yang berfokus pada pengembangan kompetensi peserta didik melalui pembelajaran yang bermakna dan berpusat pada peserta didik
Prof. Dr. Arief Rachman, M.Pd. Kurikulum yang membebaskan satuan pendidikan dari belenggu kurikulum yang kaku dan sentralistik
Dr. H. Haedar Nashir, M.Si. Kurikulum yang berorientasi pada pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik secara holistik
Prof. Dr. Iwan Pranoto, M.Pd. Kurikulum yang memfasilitasi peserta didik untuk berkembang sesuai dengan potensi dan minatnya
Prof. Dr. Cecep Darmawan, M.Pd. Kurikulum yang berorientasi pada pengembangan kompetensi abad ke-21
Dr. H. M. Nur Rizal, M.Ag. Kurikulum yang berpihak pada peserta didik dan guru
Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, M.Pd. Kurikulum yang memperkuat peran serta masyarakat dalam pendidikan

FAQ

  1. Apa itu kurikulum merdeka?
  2. Siapa saja yang mengembangkan kurikulum merdeka?
  3. Kapan kurikulum merdeka mulai diterapkan?
  4. Apa tujuan dari kurikulum merdeka?
  5. Apa saja kelebihan dari kurikulum merdeka?
  6. Apa saja kekurangan dari kurikulum merdeka?
  7. Bagaimana cara mengimplementasikan kurikulum merdeka?
  8. Apa peran guru dalam implementasi kurikulum merdeka?
  9. Apa peran sekolah dalam implementasi kurikulum merdeka?
  10. Apa peran orang tua dalam implementasi kurikulum merdeka?
  11. Apa peran masyarakat dalam implementasi kurikulum merdeka?
  12. Bagaimana cara mengevaluasi keberhasilan implementasi kurikulum merdeka?
  13. Apa saja tantangan dalam implementasi kurikulum merdeka?

Kesimpulan

Kurikulum