Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo: Tinjauan Komprehensif

Kata Pengantar

Halo, selamat datang di sekolahpenerbangan.co.id. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang pengertian sejarah menurut salah satu sejarawan terkemuka Indonesia, Sartono Kartodirdjo. Sejarah merupakan bidang studi yang sangat penting untuk dipahami karena memberikan pemahaman tentang masa lalu yang dapat membantu kita lebih memahami masa sekarang dan mempersiapkan masa depan. Artikel ini akan menyajikan tinjauan komprehensif tentang pemikiran Sartono Kartodirdjo mengenai pengertian sejarah, lengkap dengan kelebihan, kekurangan, dan implikasinya.

Pendahuluan

Sejarah telah menjadi subyek kajian yang menarik perhatian manusia sejak lama. Sebagai sebuah disiplin ilmu, sejarah terus berkembang dan mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu tokoh penting dalam perkembangan pemikiran sejarah di Indonesia adalah Sartono Kartodirdjo. Pemikirannya mengenai pengertian sejarah telah banyak memberikan kontribusi terhadap pemahaman kita tentang masa lalu.

Sartono Kartodirdjo lahir pada tanggal 7 Juli 1921 di Yogyakarta. Ia merupakan salah satu sejarawan Indonesia yang paling dihormati. Pemikirannya mengenai sejarah sangat dipengaruhi oleh pengalaman pribadinya, kondisi sosial-politik Indonesia pada masanya, dan perkembangan pemikiran sejarah di dunia internasional. Kartodirdjo adalah seorang sejarawan yang memiliki wawasan luas dan komprehensif. Ia tidak hanya menguasai sejarah Indonesia, tetapi juga sejarah dunia dan pemikiran sejarah secara umum.

Sartono Kartodirdjo dikenal dengan pemikirannya tentang sejarah yang disebut sebagai “sejarah sosial”. Sejarah sosial adalah pendekatan sejarah yang menekankan pada aspek sosial dalam masyarakat. Menurut Kartodirdjo, sejarah tidak hanya harus menceritakan tentang tokoh-tokoh besar atau peristiwa-peristiwa politik, tetapi juga harus memperhatikan kehidupan masyarakat secara keseluruhan. Pendekatan sejarah sosial ini telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan pemikiran sejarah di Indonesia.

Pemikiran Sartono Kartodirdjo mengenai pengertian sejarah sangat komprehensif dan mencakup berbagai aspek. Menurutnya, sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan masyarakat di masa lalu. Sejarah ini dapat dipelajari melalui berbagai sumber, seperti dokumen tertulis, arkeologi, dan tradisi lisan. Kartodirdjo juga menekankan pentingnya perspektif sejarah dalam memahami masa kini dan masa depan.

Pemikiran Sartono Kartodirdjo mengenai pengertian sejarah memiliki beberapa kelebihan. Pertama, pemikirannya sangat komprehensif dan mencakup berbagai aspek. Kedua, pemikirannya sangat relevan dengan kondisi Indonesia karena menekankan pada aspek sosial dalam masyarakat. Ketiga, pemikirannya telah banyak memberikan kontribusi terhadap perkembangan pemikiran sejarah di Indonesia.

Namun, pemikiran Sartono Kartodirdjo mengenai pengertian sejarah juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, pemikirannya terlalu menekankan pada aspek sosial dan mengabaikan aspek-aspek lain, seperti aspek politik dan ekonomi. Kedua, pemikirannya kurang memperhatikan metode-metode penelitian sejarah secara mendalam. Ketiga, pemikirannya kurang memperhatikan aspek-aspek etika dalam penulisan sejarah.

Kelebihan Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

Ada beberapa kelebihan dari pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo, di antaranya adalah:

  1. Komprehensif: Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo sangat komprehensif dan mencakup berbagai aspek. Ia tidak hanya melihat sejarah sebagai catatan tentang peristiwa-peristiwa politik atau kehidupan tokoh-tokoh besar, tetapi juga mencakup aspek-aspek sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan.
  2. Relevan: Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo sangat relevan dengan kondisi Indonesia. Indonesia adalah negara yang memiliki masyarakat yang majemuk dan kaya akan tradisi budaya. Pengertian sejarah yang komprehensif memungkinkan kita untuk memahami kompleksitas masyarakat Indonesia dan perkembangannya dari waktu ke waktu.
  3. Inspiratif: Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo dapat menginspirasi kita untuk lebih peduli terhadap masa lalu dan masa depan. Dengan memahami masa lalu, kita dapat belajar dari kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi dan mengambil keputusan yang lebih baik di masa depan.

Kekurangan Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

Selain kelebihan, pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo juga memiliki beberapa kekurangan, di antaranya adalah:

  1. Kurang memperhatikan aspek-aspek non-sosial: Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo terlalu menekankan pada aspek sosial dan mengabaikan aspek-aspek lain, seperti aspek politik dan ekonomi. Hal ini dapat menyebabkan pemahaman yang tidak lengkap tentang masa lalu.
  2. Kurang memperhatikan metode penelitian sejarah: Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo kurang memperhatikan metode-metode penelitian sejarah secara mendalam. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan metode penelitian yang tidak tepat dan menghasilkan kesimpulan yang bias.
  3. Kurang memperhatikan aspek-aspek etika: Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo kurang memperhatikan aspek-aspek etika dalam penulisan sejarah. Hal ini dapat menyebabkan penulisan sejarah yang tidak objektif dan merugikan pihak-pihak tertentu.

Tabel: Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

Aspek Penjelasan
Definisi Sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan masyarakat di masa lalu.
Sumber Sejarah dapat dipelajari melalui berbagai sumber, seperti dokumen tertulis, arkeologi, dan tradisi lisan.
Perspektif Sejarah harus dipelajari dengan perspektif yang luas dan komprehensif, mencakup berbagai aspek kehidupan masyarakat.
Tujuan Tujuan sejarah adalah untuk memahami masa lalu dan masa kini, serta untuk mempersiapkan masa depan.

FAQ

  1. Apa pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo?

    Menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan masyarakat di masa lalu melalui berbagai sumber, dengan perspektif yang luas dan komprehensif, serta bertujuan untuk memahami masa lalu, masa kini, dan masa depan.

  2. Apa kelebihan pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo?

    Beberapa kelebihan pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo adalah komprehensif, relevan, dan inspiratif.

  3. Apa kekurangan pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo?

    Beberapa kekurangan pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo adalah kurang memperhatikan aspek-aspek non-sosial, metode penelitian sejarah, dan aspek-aspek etika.

  4. Apa sumber-sumber yang dapat digunakan untuk mempelajari sejarah?

    Sumber-sumber yang dapat digunakan untuk mempelajari sejarah antara lain dokumen tertulis, arkeologi, dan tradisi lisan.

  5. Apa tujuan mempelajari sejarah?

    Tujuan mempelajari sejarah adalah untuk memahami masa lalu dan masa kini, serta untuk mempersiapkan masa depan.

  6. Mengapa penting untuk mempelajari sejarah?

    Mempelajari sejarah penting karena dapat memberikan kita pelajaran berharga dari masa lalu, membantu kita memahami masa sekarang, dan mempersiapkan kita untuk menghadapi masa depan.

  7. Bagaimana cara mempelajari sejarah secara efektif?

    Cara mempelajari sejarah secara efektif antara lain dengan membaca buku, mengikuti kelas, mengunjungi museum, dan mengunjungi situs-situs sejarah.

  8. Apa saja manfaat mempelajari sejarah?

    Beberapa manfaat mempelajari sejarah antara lain dapat meningkatkan pemahaman kita tentang dunia, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan menumbuhkan kesadaran budaya.

  9. Siapa saja tokoh-tokoh penting dalam perkembangan pemikiran sejarah di Indonesia?

    Beberapa tokoh-tokoh penting dalam perkembangan pemikiran sejarah di Indonesia antara lain Sartono Kartodirdjo, Muh. Yamin, dan Bernard Dahm.

  10. Apa saja pendekatan-pendekatan dalam penulisan sejarah?

    Beberapa pendekatan dalam penulisan sejarah antara lain pendekatan kronologis, pendekatan tematik, dan pendekatan komparatif.

  11. Apa saja tantangan dalam penulisan sejarah?

    Beberapa tantangan dalam penulisan sejarah antara lain keterbatasan sumber, bias penulis, dan pengaruh ideologi.

  12. Apa saja etika dalam penulisan sejarah?

    Beberapa etika dalam penulisan sejarah antara lain objektivitas, kejujuran, dan akuntabilitas.

  13. Apa saja peran sejarah dalam kehidupan masyarakat?

    Beberapa peran sejarah dalam kehidupan masyarakat antara lain memberikan identitas, membangun memori kolektif, dan memupuk nasionalisme.

Kesimpulan

Pemikiran Sartono Kartodirdjo mengenai pengertian sejarah merupakan kontribusi penting bagi perkembangan pemikiran sejarah di Indonesia. Pengertian sejarah yang komprehensif dan relevan dengan kondisi Indonesia telah memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang masa lalu bangsa kita. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, pemikiran Kartodirdjo tetap menjadi acuan